Selasa, 13 September 2011

Bahan Ajar PJJ Part 1 ( Tugas p.Ridwan )


PENDIDIKAN JARAK JAUH

Pertemuan I  :  jam 8 – 10.00 wib 
                        Perkenalan materi kuliah/gambaran secara umum.
                        Jam 10.30 – 12.00 wib
Isi Materi      :   BELAJAR JARAK JAUH ( DISTANCE EDUCATION )
                        Merupakan suatu proses pembelajaran yang terjadi dimana guru dan siswa tidak tatap muka , terjadi dalam waktu dan tempat berbeda dengan menggunakan media tertentu untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Syarat Belajar Jarak Jauh  (BJJ) :
1.      Memisahkan antara siswa dengan pendidik
2.      Ada saran bahan ajar, berupa cetak, media
3.      Peran atau fungsi guru adalah sebagai tutorial. Tugas tutor adalah mengajak orang untuk memahami sesuatu.
4.      Yang dituntut adalah orang-orang yang belajar atas kesadarannya sendiri
5.      Konsep belajar : belajar mandiri dan dewasa
Defenisi Pendidikan jarak jauh oleh Michael G, 1996, Pendidikan Jarak  Jauh adalah pembelajaran yang di rencanakan, biasanya di sajikan pada tempat dan waktu yang berbeda antar guru dan siswa dengan menggunakan tekhnik yang direncanakan secara khusus dengan metode yang khusus, menggunakan tekhnologi elektronik dengan pengorganisasian dan pengadministrasian yang tersusun dengan baik.
Teori Dasar Pendidikan Jarak Jauh
1.      Sejarah terminology pendidkan jarak jauh : Dahulunya berupa kirim mengirim informasi melalui Pos.
2.      Pelopor kerja Otto petters, dalam artikelnya bahwa PJJ adalah sebuah bentuk belajar yang lengkap.
3.      Teori Pendidikan : salah satu konsep pendidikan jarak jauh adalah andragogi, dimana orang belajar sesuai dengan kebutuhan.
Teorinya : kemandirian Belajar, belajar  yang didasarkan atas dorongan diri sendiri.
     Defenisi Pedidikan Jarak Jauh
-          Pembelajaran yang direncanakan di suatu tempat yang memiliki tekhnik khusus berupa disain, tekhnik interview khusus, artinya menggunakan metode komunikasi khusus, menggunakan media elektronik dan tekhnologi lain, pengakuan administrasi dan organisasi khusus.
-          Pembelajaran jarak jauh mengarahkan dan menyediakan pembelajaran yang menyenangkan untuk pelajar.
-          Banyak orang menggunakan kata “ Distance” sinonim untuk PJJ.
Istilah lain Pedidikan Jarak Jauh
1.      Packaged Learning ; semua materi sudah di paketkan sesuai kebutuhan, kemampuan /minat belajar
2.      Open learning ; belajar terbuka , seperti UT, Sekolah terbuka (ST)
3.      Flexible Study ; belajar yang sifatnya fleksibel
4.      Independent/Individualized Learning ; belajar secara individu dan independent
5.      Home Study
6.      Supported Self Study ; belajar yang disemagati dari diri sendiri
7.      Computer Based Trainning
8.      Correspondence Education ;  pendidikan dengan menggunakan jasa pos, adanya informasi yang disampaikan.
Pendidikan Jarak jauh  istilah yang memiliki pengertian adanya pemisahan antara pelajar dengan gurunya.
      Karakteristik Pendidikan Jarak Jauh
1.      Guru sebagai fasilitator dan siswa sebagai peserta dalam proses pembelajaran
2.      System pendidikan pelaksanaannya memisahkan guru dan murid
3.      Bahan ajar di bantu media
4.      Bahan ajar bersifat mandiri
Perbandingan Pendidikan biasa dan Pendidikan Terbuka
Variabel
Pendidikan Biasa
Pendidikan Terbuka
Sarana
Untuk siswa yang memenuhi syarat yang di tentukan
Untuk siapa saja
Pemilihan program
Terpaket, siswa harus mengambil semua program
Siswa bebas mengambil seluruh/sebagian dari program yang disukai
Registrasi dan proses belajar
Terikat waktu registrasi dan jadwal pertemuan tatap muka
Siswa bebas memilih waktu untuk registrasi, belajar, berhenti,registrasi kembali
pendekatan
Tatap muka
Tatap muka atau jarak jauh

Belajar mandiri melalui Pendidikan jarak jauh
Orang belajar memerlukan referensi, melalui adanya perpustakaan, teman sekelas, bahan ajar dirancang dan produksi bahan ajar, bahan belajar bersifat mandiri, adanya konsultasi dengan guru (tutorial), assessment bersifat mandiri, dinilai guru.
Yang harus di tumbuhkan dalam pendidikan jarak jauh adalah belajar kolaborasi karena mengakui kelemahan sendiri dan menghargai kelebihan orang lain. Inti PJJ : management, registrasi dan evaluasi.
Belajar orang dewasa
a.       Belajar berbasis masalah
b.      Tergantung pada analisis kebutuhan dan analisis kinerja. Menurut Maslow “orang mau melakukan sesuatu karena Need”
c.       Berkaitan dengan keberhasilan sebelumnya dan pertimbangan kunci
d.      Melibatkan mereka dalam cara belajar sendiri
e.       Melakukan tindakan, interasi dan bekerja kelompok
Fungsi Media dalam pembelajaran
1.      Meningkatkan motivasi siswa dengan tampilan media. Media akan berfungsi apabila di sesuaikan /cocokan dengan strategi
2.      Mengaitkan materi pelajaran sebelumnya
3.      Menyediakan stimulus baru bagi siswa , baru ada response
4.      Mengaktifkan respon siswa ;
-       Melihat karakteristik siswa
-       Membuat tujuan pembelajaran
-       Menggunakan media
-       Apakah media dan bahan ajar membangkitkan respons siswa
-       Evaluasi
5.      Menimbulkan umpan balik dengan cepat
6.      Mendorong siswa melakukan tindakan
Konsep pendidkan jarak jauh
-. Belajar mandiri
- Dipisahkan jarak
- Menggunakan media
Evolusi Pengelompokan Pendidikan Jarak jauh
1.      Era menggunakan bahan ajar cetak. di Indonesia sekitar th 1960-an
2.      Era menggunakan bahan ajar cetak di barengi dengan tekhnologi audio, video dan multimedia lainnya
3.      Computer ; Email, web, internet dan CD Rom
4.      Kombinasi dari ketiga model : seperti teleconference
                        Jam 13.30 – 15.00 wib
Isi materi :     Komponen-komponen Pendidikan Jarak Jauh
1.      Sumber ( source ) ; kebutuhan siswa, organisasi ( pelaksana), teori/sejarah, filosofi
2.      Rancanagn ;  Rencana Pembelajaran (RP), media, program dan evaluasi
3.      Penyampaian : bahan cetakan, AV/rekaman, radio/tv, computer, audio conference, jaringan computer.
4.      Interaksi ; instruktur, tutor,konselor, staf administrasi, siswa lain. Untuk penguasaan wawasan interaksinya berbeda dengan untuk menghasilkan produk. Guna interaksi agar orang bias memahami materidengan baik.
5.      Lingkungan belajar : tempat kerja, rumah, ruang kelas, dan pusat belajar.

Interakasi Pendidikan Jarak Jauh
1.      Interaksi antara peserta didik dengan bidang ilmunya melalui paket bahan ajar ( single maupun multimedia)
2.      Interaksi antara peserta didik dengan dosen /tutor melalui ragam tutorial (tatap muka, tertulis, elektronik berbasis computer, audio visual dll.
3.      Interaksi antara siswa peserta didik melalui ragam kelompok belajar.
Peran Tutur tatap muka pada Pendidkan jarak jauh
1.      Member umpan balik kepada peserta didik
2.      Memberikan pengajaran baik secara tatap muka maupun dukungan dan bimbingan, termasuk memotivasi dan membantu peserta didik mengembangkan keterampilan belajarnya.
Syarat tutor yang baik
1.      Ahli dalam materi ajar
2.      Terampil/mempunyai kemampuan dalam mengajar
3.      Mampu berkomunikasi dan bersosialisasi
4.      Rapi, sabar dan mantap
5.      Mampu mendorong dan memotivasi siswa
6.      Komitmen terhadap siswa dan program




1 komentar: